Mengotimalkan ram

Cara Mengoptimalkan RAM Pada Komputer



Random Access Memory atau lebih umum disebut RAM mungkin sudah Anda kenal sejak pertermuan pertama Anda dengan PC. RAM merupakan sebuah memory utama yang digunakan untuk melakukan penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. Fungsi adanya perangkat ini tidak lain adalah sebagai pendukung bagi processor untuk melakukkan segala proses komputing. Kecepatan dan kapasitas RAM memiliki hubungan yang erat dengan kinerja komputer.
Mungkin sebelumnya Anda pernah mengalami, RAM Anda sudah lumayan besar namun kinerja dari perangkat komputer masih belum memenuhi keinginan. Mungkin Anda perlu melakukan beberapa optimasi pada RAM. Penulis telah melakukan beberapa langkah sederhana yang ternyata mampu meningkatkan proses kinerja RAM pada perangkat Anda

1. Task Manager

Salah satu cara yang cukup simple adalah dengan menggunakan Task Manager yang ada pada sistem operasi di perangkat computer Anda. Lewat Task Manager Anda dapat memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada perangkat komputer Anda. Selain itu, hampir keseluruhan dari sistem operasi baik windows maupun unix mampu melakukan sorting dari urutan penggunaan RAM terbesar hingga yang terkecil 


 Untuk melakukan Akses pada Task Manager setiap sistem operasi memiliki cara berbeda. Misalnya saja untuk Windows Anda dapat mengakses Task Manager lakukan klik kanan pada start taskbar dan pilih Task Manager. Maka Anda akan mendapatkan window yang menampilkan monitor keseluruhan proses. Sedangkan jika Anda penggunaa Linux, semakin banyak cara yang dapat Anda terapkan sesuai dengan lingkungan desktop yang Anda gunakan. Misalnya saja, Penulis menggunakan lingkungan desktop Unity maka untuk melakukan akses Task Manager hanya dengan mencari System Monitor (pada Linux setiap desktop environtment memiliki nama task manager yang berbeda).

 

Share on Google Plus

About johan costeen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar